Turunnya Al-Quran

Pertanyaan Ummat:
Apakah benar turunnya Al-Quran itu pada waktu turunnya Lailaturl Qadar? mohon penjelasaan disertai Ayat-ayat Al-Qyran dan Hadits-haditsnya. (M. Shanjikh As Sunnah, Kaliwira, Wonosobo, Jateng)


Muhammadiyah menjawab:
Terdapat pada empat tempat (ayat) tentang turunnya Al-Quran kepada Nabi Muhammad SAW., yakni:
1. Pada Surat Al-Qadr ayat 1.

اِنَّآ اَنْزَلْنٰهُ فِيْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ
"Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada malam qadar."

2. Pada Surat Ad Dhukhan ayat 3-5


اِنَّآ اَنْزَلْنٰهُ فِيْ لَيْلَةٍ مُّبٰرَكَةٍ اِنَّا كُنَّا مُنْذِرِيْنَ - ٣
فِيْهَا يُفْرَقُ كُلُّ اَمْرٍ حَكِيْمٍۙ - ٤
اَمْرًا مِّنْ عِنْدِنَاۗ اِنَّا كُنَّا مُرْسِلِيْنَۖ - ٥

"Sesungguhnya Kami menurunkannya pada malam yang diberkahi. ) Sungguh, Kamilah yang memberi peringatan.,(3) Pada (malam itu) dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah,(4) (yaitu) urusan dari sisi Kami. Sungguh, Kamilah yang mengutus rasul-rasul,(5)"

3. Pada Surat Al Baqarah ayat 185

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۗ وَمَنْ كَانَ مَرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَ ۗ يُرِيْدُ اللّٰهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيْدُ بِكُمُ الْعُسْرَ ۖ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰىكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ - ١٨٥

"Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur."

4. Pada Akhir ayat 41 surat Al Anfal

 وَاعْلَمُوْٓا اَنَّمَا غَنِمْتُمْ مِّنْ شَيْءٍ فَاَنَّ لِلّٰهِ خُمُسَهٗ وَلِلرَّسُوْلِ وَلِذِى الْقُرْبٰى وَالْيَتٰمٰى وَالْمَسٰكِيْنِ وَابْنِ السَّبِيْلِ اِنْ كُنْتُمْ اٰمَنْتُمْ بِاللّٰهِ وَمَآ اَنْزَلْنَا عَلٰى عَبْدِنَا يَوْمَ الْفُرْقَانِ يَوْمَ الْتَقَى الْجَمْعٰنِۗ وَاللّٰهُ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ - ٤١

"Dan ketahuilah, sesungguhnya segala yang kamu peroleh sebagai rampasan perang, maka seperlima untuk Allah, Rasul, kerabat Rasul, anak yatim, orang miskin dan ibnu sabil, (demikian) jika kamu beriman kepada Allah dan kepada apa yang Kami turunkan kepada hamba Kami (Muhammad) di hari Furqan, yaitu pada hari bertemunya dua pasukan. Allah Mahakuasa atas segala sesuatu".


"Dari ayat-ayat di atas, dapat difahami bahwa Allah SWT menurunkan Al-Quran pertama kali kepada Nabi Muhammad SAW. pada malam yang mulia yang disebut Lailatul Qadar yang berdasarkan penelitian yang seksama waktu itu adalah malam tanggal 17 bulan Ramadhan yang selanjutnya nya ayat-ayat Alquran diturunkan secara berangsur-angsur menurut peristiwa dan suasana yang  menghendakinya dalam waktu 22 tahun lebih sedikit tidak pada setiap bulan Ramadan saja".

Adapun Lailatul Qadar seperti yang disebutkan selanjutnya dalam ayat 3 sampai dengan ayat 5 surat al-qadr tetap ada pada bulan Ramadhan hanya saja tidak ditentukan persis waktunya sebagaimana na-eun disebutkan dalam hadis hadis riwayat Bukhari dan Muslim atau Bukhari saja atau lain-lain Imam perawi hadits seperti Abu Dawud, At Tabrany dari Anas,  Ahmad dari Ibnu Umar, Ahmad dan Al Baihaqi dan At Tirmidzi dari Aisyah yg pada umumnya disebut pada akhir Ramadhan.
Turunnya Al-Quran Turunnya Al-Quran Reviewed by sangpencerah on Mei 09, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar: