BANGKIT DAN BERKEMBANG SERTA HANCURNYA SUATU BANGSA DAN NEGARA


BANGKIT DAN BERKEMBANG SERTA HANCURNYA SUATU BANGSA DAN NEGARA

Penulis Drs.Nurdin Hasan M.Ag 

Dosen AIK UMM

Suatu bangsa dan negara ada  dan bekembang akan  mengalami kejayaan pada puncaknya akan mengalami penurunan dan kehancuran, kita pelajari dari sejarah dari masa kemasa tidak selamanya suatu bangsa  dan negara itu abadi lihat jaman Rasulullah kerajaan Imperium Romawi dan kerajan Persia dua negara adidaya  itu merupakan negara yang besar  keduanya mempunyai kekuasaan yang sangat luas dan memiliki tentara yang sangat kuat pada akhirnya semua tunduk dibawah kekuasaan umat islam,sejak zaman Nabi, Khulafaurrasyidin, Bani Umayah, Bani Abasiyah  dan Kerajaan  Turki Usmani  dan beralih kekuasaan bangsa-bangsa barat  menguasai dunia islam berabad-abad lamanmya  menurut sejarawan  Arnold Toinby ahli sejarah, bahwa suatu bangsa dan negara akan muncul berkembang  dan mengalami kejayaan  dan pada puncaknya akan mengalami penurunan dan akan bubar atau hancur.Umat Islam menguasai Eropa berabad-abad lamanya pada akhirnya dipaksa keluar dari daratan Eropa antara tiga pilihan, masuk kristen, dibunuh atau keluar dari Eropa.

 Dalam al-qur’an Allah swt berfirman.

Masa kejayaan dan kehancurana akan kami pergilirkan diantara manusia agar mereka dapat mengambil pelajaran (Q.S Ali Imran (3 : 142 )

Apabila datang ajal tiba maka tidak ada yang memajukan  atau memundurkan (Q.S Al-Munafiquun 63  :  11 )

Menurut Prof Dr.Mahfudh MD

 Kehancuran suatu bangsa dan negara disebabkan ada empat sebab

Pertama : adalah Disorientation (disorientasi ) Korupsi, kolusi dan Nepotisme terjadi disemua lembaga baik Ekkutif,legislatis dan Yudikatif sampai pada tingkat yang paling bawah, orang tidak memiliki akhlak  moral dalam kehidupan berbangsa dan negara akan hilang maka tuingguhla kehancuran.

Salah seorang Pujangga   Sayid Beg mengatakan. Bangsa dan negara akan mengalami kejayaan selama bangsa itu mempunyai akhlak, sebaliknya bangsa dan negara akan hancur apabila bangsa dan  negara sudah tidak punya akhlak. Sejalan dengan misi Rasulullah saw diutus oleh Allah swt  adalah memperbaiki akhlakul karimah (al-hadits )

Kedua : Disprass (melecehkan)  terjadi ketidak percayaan masyarakat kepada pemimpinnya,apalagi pemimpinnya banyak janji dan senantiasa berdusta  maka alamat negara akan hancur.

Ketiga : Disobedience, (ketidak patuhan ) maka terjadi pembangkangan,apa yang diperintah oleh pemimpinya maka masyarakat tidak akan mentaatinya dimana-mana terjadi pemogokan  kerja demontrasi penolakan UU cipta kerja  dll pemerintah sudah tidak merndengar aspirasi masyarakat,sementara DPR sebagai perwakilan rakyat  sudah tidak mendengarkan aspirasi rakyat maka apa yang terjadi adalah ketidak patuhan rakyat kepada pemegang kekuasaan

Keempat: Disintegration (disintegrasi,) perpecahan terjadi kehancuran bangsa itu tidak bisa dicegah   karena rakyat sudah tidak percaya lagi mereka menginginkan peminpin baru yang akan membawa perubahan akan membawa kemakmuran  dan keadilan dan harapan masa depan yang lebih baik.

 Bagaimana dengan  sudut pandangan Al-Qur’an dan Al-Hadits  Rasulullah saw.

Dan jika Kami hendak membinasakan suatu negeri, maka Kami perintahkan kepada orang-orang yang hidup mewah di negeri itu (supaya menaati Allah) tetapi mereka melakukan kedurhakaan dalam negeri itu, maka sudah sepantasnya berlaku terhadapnya perkataan (ketentuan Kami), kemudian Kami hancurkan negeri itu sehancur-hancurnya.(Q.S Al-Isra’/17 : 16

  Ada beberapa sebab  Bangsa dan negara akan mengalami kemunduruan dan kehancuran apabila hal ini terjadi 

Pertama  : Tidak tegaknya keadilan dan hukum yang berlaku didalam masyarakat (negara ) hukum ditegakan pilih bulu yang pejabat atau orang kaya melanggar  hukum tidak berlaku bagi mereka tetapi jika rakyat jelata yang melanggar mereka menegakan hukum jadi hukum tajam kebawah  tumpul keatas.

Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya, dan (menyuruh kamu) apabila menetapkan hukum di antara manusia supaya kamu menetapkan dengan adil. Sesungguhnya Allah memberi pengajaran yang sebaik-baiknya kepadamu. Sesungguhnya Allah adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat. (QS An-Nisaa 4 : 58 )

 Artinya “ Kehancuran ummat/orang-orang yang sebelum kamu yaitu ……jika yang mencuri dari golongan mulia /terhormat  hukum tidak dilaksanakan /tidak ditegakan,tetapi jika yang mencuri dari golongan orang lemah/kecil,maka hukum ditegakan.Demi Allah jika fatimah binti Muhammad mencuri pastilah aku potong tanganya (HR Bukhari dan Muslim ). 

Kedua Para pemangku amanat mengkhianati amanah yang dibebankan kepada mereka,mereka lebih mementinghkan diri dan keluarga atau kroni-kroni mereka  dengan mudah melanggar konstitusi baik terang-terang maupun sembunyi-sembunyi maka pemimpin itu tidak akan selamat didunia maupun diakhirat.

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul (Muhammad) dan (juga) janganlah kamu mengkhianati amanat-amanah yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui. (Q.S al-Anfal 9: 27 )

Rasulullah saw bersabda : 

  Artinya : Tidak sempurna iman seseorang  yang tidak amanah,dan tidak (sempurna  Agama orang yang tidak menunaikan janji. (HR Ahmad )

Ketiga adalah para pemimpin senantiasa tidak jujur sering berdusta berjanji tidak pernah ditepati, maka pemimpin itu,Allah akan haramkan surga baginya dan menyesal dan dihinakan oleh Allah pada hari qiyamat.

Rasulullah saw bersabda : Tidak ada seorang hamba yang dipercayakan Allah kepadanya memimpin rakyatnya,kemudian dia mati sedangkan pada hari kematiannya dia (masih ) menipu rakyatnya,niscaya Allah haramkan surga baginya (HR Muslim )

Kejujuran sesungguhnya merupakan prilaku yang paling muda dilakukan,karena ia tampil apa adanya.Kejujuran adalah harta yang paling mahal,maka sikap jujur itu selalu melahirkan kebajikan,bahkan kejujuran merupakan sumber dari semua jenis kebajikan

         Seseorang muslim harus berprilaku jujur,karena kejujuran adalah akhlak yang mulia Maka Allah swt memerintahkan kita bersama dengan orang yang jujur.

   Artinya ” Hai orang-orang yang beriman,bertakwalah kepada Allah.dam hendaklah kamu bersama orang-orang yang jujur (Q.S At-Taubah  119).

    Begitu mulianya kejujuran dan kesetiaan,maka iapun menjadi simbol ketakwaan.

Artinya ” Dan orang yang membawa kejujuran(muhamamd ) dan membenarkannya,mereka itulah orang-orang yang bertakwa.(Q.S Az-Zumar  : 33 )

    Oleh karena itu wahai para pemimpin pusat,daerah, ekskutif, legislatif dan Yudikatif sadarlah bahwa jabar-tan itu adalah sifatnya sementara  suatu saat pasti akan ditinggalkan maka  sebelum terlambat,banyak bertobat kepada Allah swt,berdzikir kepada Allah swt,banyak berdoa kepada Allah  dan sebelum suatu hari Allah akan menampakkan kesalahan-kesalahanmu diakhirat dan akhirat adalah lebih baik dari pada dunia.Kembali kejalan yang benar  maka beruntunglah didunia dan diakhirat Amin.








BANGKIT DAN BERKEMBANG SERTA HANCURNYA SUATU BANGSA DAN NEGARA BANGKIT DAN BERKEMBANG SERTA HANCURNYA SUATU BANGSA DAN NEGARA Reviewed by sangpencerah on Desember 10, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar: