Siapa!! Al-Ghuroba (Manusia Model) itu!! (Manusia aneh dan Nyeleneh)

Siapa!! Al-Ghuroba (Manusia Model) itu!!
(Manusia aneh dan Nyeleneh)
Oleh : Imam Abdai,SE,MM



Al-Ghurobah  akan menjadi perenungan kita semua, betapa sulitnya mencari Al-Ghurobah di era semakin mengedepankan dunia ketimbang akhirat, di era milenial 4.0 makin menggeliat dan di era Rezim yang makin jauh dari peri ketuhanan diatas peri kebangsaan dan kemanusiaan,
ternyata masih ada sekelompok manusia yang tetap tegak, kokoh di atas kebenaran, istiqomah dengan ajaran al-Haq, Islam yang mulia. Meski dengan resiko celaan, ejekan, dan rintangan. Sebab mereka memilih beriman apapun resikonya, bahwa inilah jalan hidup yang wajib ditempuh, harga mati yang tidak akan ditawar lagi.

 

Sebagimana Rasulullah SAW, menyebut Al-Ghurobah yaitu orang-orang aneh yang berbeda dengan orang kebanyakan pernah bersabda:

Dari Abi Hurairah ra, dari Nabi saw, sesungguhnya beliau berkata, Agama Islam itu bermula asing, dan akan menjadi asing kembali sebagaimana permulaannya. Maka berbahagialah bagi orang-orang yang asing atau al-Ghuraba’ (HR Muslim).

 

Dapat kita tegaskan antara masa jahiliyah masa kafir qurois Rasulullah SAW menjadi Al-Ghurobah yang kemudian di ikuti oleh Assabiquunal Awwalun, kemudian kita bandingkan di masa jahiliyah modern masa kita, maka pertanyaannya adalah apakah kita termasuk kreteria Al-ghurobah diera zaman ini?

Dalam riwayat lain dikatakan bahwa Rasulullah SAW, ditanya tentang jati diri Al-Ghuraba atau manusia model yakni orang-orang aneh tersebut. Kemudian beliau menyebutkan tanda-tanda atau ciri-ciri mereka:

 

Ciri Pertama, Rasulullah Saw bersabda: “Mereka menimbulkan perbaikan ketika manusia sudah rusak.” Dalam hadis lain disebutkan: “Mereka adalah manusia-manusia shaleh yang jumlahnya sedikit, di tengah-tengah manusia busuk yang jumlahnya banyak,”

 

Pada hari ini, di sini, di negeri ini, kita memerlukan Al-Ghuraba, orang-orang asing yakni manusia model yang ingin memperbaiki masyarakat di sekitarnya ketika orang lain datang menganggap baik kedholiman dan kemaksiatan dengan mencari cari hujjah pembenaran , Kita memerlukan orang-orang yang tabah untuk hidup tanpa melakukan korupsi sama sekali. Ketika demokrasi Pancasila berubah menjadi demokrasi liberal-transaksional, di mana yang terpilih bukanlah sebaik-baik orang melainkan selicik-licik orang. Kita memerlukan orang-orang yang berani dan konsisten untuk memperjuangkan dan mewujudkan cita-cita para pendiri bangsa. Para ahli fikih menyebut dengan satu istilah yang bagus sekali, thahirun fi nafsihi muthahhirun lighairih Dialah orang yang suci dalam dirinya, dan dia juga berusaha menyucikan orang lain. Pribadinya bersih, dan dia berusaha membersihkan orang lain. Tingkah lakunya indah, dan dia berusaha mengindahkan tingkah laku orang lain.Di tengah-tengah orang yang sudah menganggap moralitas yang rusak sebagai ciri moderasi dan demokrasi, orang yang mempertahankan moralitasnya merupakan orang yang dianggap aneh. Di tengah-tengah kebiasaan melanggar norma-norma yang berlaku, orang yang kelihatan bertahan kepada norma dengan seluruh keyakinannya akan dianggap aneh. Orang berlomba-lomba menumpuk kekayaan, sementara ia mempertahankan kesederhanaannya karena ingin memelihara kebersihan dirinya, maka sering ia dianggap aneh oleh orang sekitarnya. Tetapi, marilah kita ingatkan kembali: “Bahagia benar orang-orang yang aneh seperti itu.”

 

 

Ciri  Kedua, Rasulullah SAW bersabda: “Mereka mengisi apa yang hilang; mereka melengkapi apa yang ganjil; mereka memenuhi apa yang kosong.”

 

Sungguh sangat langkah mencari orang yang kuat keyakinannya. Kadang-kadang kita meraba-raba, siapa orang yang patut dijadikan contoh dalam kehidupan ini. Al-ghuraba biasanya tampil sebagai manusia model, manusia yang bisa dicontoh karena kebersihan dan kesucian pribadinya, di tengah-tengah berkecamuknya kemunafikan, di tengah-tengah usaha untuk menjilat ke atas dan memeras ke bawah. Kalau kita melihat ada orang berjalan di atas rel yang benar, yang tetap menyampaikan apa yang benar itu benar, dan apa yang salah itu salah, tanpa mempedulikan risiko yang dihadapinya, rasanya ada semacam kekuatan di tengah-tengah kehausan bimbingan dalam diri kita. Masih ada bintang di tengah-tengah gelapnya malam. Orang itu biasanya mengisi apa yang hilang di tengah-tengah masyarakat. Ketika orang kehilangan identitas, mereka menunjukkan, beginilah identitas Islam. Ketika orang kebingungan tidak mempunyai pedoman, pribadi mereka menunjukkan tuntunan yang jelas. Rasulullah SAW bersabda bahwa Al-Ghuraba itu adalah mereka yang menambah sesuatu yang tidak dimiliki kebanyakan manusia yang lain.

 

Ciri Ketiga, sabda Rasulullah SAW: “Mereka menghidupkan kembali Sunnahku setelah sunnah itu dimatikan oleh manusia.”

 

Ketika bid’ah menyebar ke tengah-tengah masyarakat, mereka mengajak umat kembali kepada Al-Quran dan Sunnah. Ketika beberapa ajaran Rasulullah sudah ditinggalkan, mereka tampilkan kembali ajaran Rasulullah SAW itu. Dalam hubungan ini, Maka dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dan Turmudzi: “Aku bertanya kepada Rasulullah SAW, tentang ayat ini, ‘Wahai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu; tidak akan membahayakan kamu orang yang sesat itu, apabila kamu berada dalam petunjuk.” Sahabat ini bertanya karena sebagian orang menganggap bahwa kita tidak usah memperhatikan orang lain, perhatikan sajalah diri kita sendiri. Tidak usah menghiraukan kemungkaran yang dilakukan orang, yang penting kita berada dalam petunjuk, tidak ada yang akan menyengsarakan kita.
“Maka berkatalah Rasulullah saw: ‘Suruhlah orang berbuat makruf dan laranglah orang berbuat jahat sampai engkau nanti mengalami satu zaman ketika ke-bakhil-an diperturutkan orang, ketika hawa nafsu diikuti orang, dan ketika dunia dilebihkan atas akhirat, dan setiap orang merasa kagum dengan pendapatnya sendiri.
Maka peliharalah keistimewaan dirimu, jauhilah apa yang terbiasa dilakukan oleh orang-orang awam, sebab di belakang kamu itu akan ada zaman-zaman yang memerlukan kesabaran bagimu. Orang yang berpegang teguh kepada agamanya di zaman itu seperti orang yang memegang bara. Orang yang beramal pada zaman itu akan diberi ganjaran seperti ganjaran lima puluh orang yang beramal seperti dia.’
Aku bertanya,
‘Duhai Rasulullah, apakah mereka mempunyai ganjaran lima puluh kali ganjaran orang di zaman mereka?’ ‘Tidak’ jawab Rasulullah, ‘Mereka memperoleh ganjaran lima puluh kali ganjaran kamu yang ada sekarang ini.’”

 

Khotimah

Firman Allah SWT :

وَاتَّبَعَ الَّذِينَ ظَلَمُوا مَا أُتْرِفُوا فِيهِ وَكَانُوا مُجْرِمِينَ (116) وَمَا كَانَ رَبُّكَ لِيُهْلِكَ الْقُرَى  بِظُلْمٍ  وَأَهْلُهَا مُصْلِحُونَ (117) 


Adapun orang-orang yang zalim hanya mengikuti orang-orang yang berbuat kemewahan di bumi, dan mereka berbuat dosa. Dan Tuhanmu tidak akan membinasakan satu negeri dengan kezaliman, padahal di tengah-tengah masyarakat itu ada kelompok yang memperbaiki masyarakat itu” (Hud 116-117).

 

Allah SWT tidak akan menghancurkan suatu negeri jika di negeri itu masih tampil kelompok Al-Ghuraba, kelompok orang yang dianggap aneh, kelompok orang yang berbeda dengan kabilahnya, kelompok orang yang membawakan keyakinannya dengan bersedia memikul risiko apa pun yang dihadapinya.maka berbahagialah kita menjadi orang orang model, orang aneh nyeleneh di erah tergradasi moral anak bangsa. Kalau kita tidak sanggup menjadi al-ghuraba, maka berilah kesempatan kepada orang lain untuk menjadi al-ghuraba. Kalau kita tidak sanggup menjadi orang yang mempertahankan keyakinan, belajarlah memberi toleransi kepada mereka yang mau menyatakan keyakinannya. Kalau kita tidak sanggup mengemukakan pendapat yang berbeda dengan kebanyakan orang, berilah kesempatan kepada orang lain untuk menyatakan pendapatnya yang berbeda, kalau kita tidak sanggup memberikan manfaat kepada orang lain, maka paling tidak, kita tidak menjadi orang yang menimbulkan mudarat bagi orang lain, semoga Allah SWT. Memberi kekuatan kepada menjadi menjadi AL- GHUROBAH, wallahu’alam bisshowab
 



Siapa!! Al-Ghuroba (Manusia Model) itu!! (Manusia aneh dan Nyeleneh) Siapa!! Al-Ghuroba (Manusia Model) itu!! (Manusia aneh dan Nyeleneh) Reviewed by sangpencerah on Juni 25, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar: