Hadits ke-11 dari 23, BAB 2. TAUBAT KITAB : NUZHATUL MUTTAQIEN SYARH RIYADUS SHALIHIN

Hadits ke-11 dari 23, BAB 2. TAUBAT KITAB : NUZHATUL MUTTAQIEN SYARH RIYADUS SHALIHIN

 


وَعَنْ ابْنِ عَبَّاسِ وَ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رضي الله عنهم، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ ﷺ قَالَ “‏ لَوْ أَنَّ لاِبْنِ آدَمَ وَادِيًا مِنْ ذَهَبٍ أَحَبَّ أَنْ يَكُونَ لَهُ وَادِيَانِ، وَلَنْ يَمْلأَ فَاهُ إِلاَّ التُّرَابُ، وَيَتُوبُ اللَّهُ عَلَى مَنْ تَابَ". ‏(‏‏(‏متفق عليه)‏)‏‏



23. Dari Ibnu Abbas dan Anas bin Malik radhiallahu 'anhum bahwasanya Rasulullah ٍSAW. bersabda: ‏‏

"Andaikata seorang anak Adam - yakni manusia - itu memiliki selembah emas, ia tentu menginginkan memiliki dua lembah dan sama sekali tidak akan memenuhi mulutnya (merasa puas) kecuali tanah (yaitu setelah mati), dan Allah menerima taubat orang yang bertaubat." (Muttafaq 'alaih)

HR Bukhari dalam Kitabu Raqaqi, ( Bab Mayataqy min fitnatil Maali, Wa QaululLahi Ta'ala : Innama Amwalukum wa aulaadukum fitnah) dan Muslim dalam Kitab Zakat ( Bab Lau anna Libni Aadamu wadiyaini labtagha Tsalitsan)


Lughatul Hadits
 
  • Wadiyan: Seisi Lembah
  • Walanyamlau jaufahu illat turabu: Tidak akan berhenti mencari hingga mati dan rongganya dipenuhi dari tanah kuburnya.

 

Faidah Hadits.

- Kerasnya usaha manusia dalam mengumpulkan harta dan lainnya dari kenikmatan dunia, dan dimana usaha yang keras ini akan menjadi tercela bilamana menghilangkan ketaatan kepada Allah SWT, dan hati nya lebih banyak disibukkan dengan urusan dunia daripada akhirat.

- Allah SWT menerima taubat seseorang yang bertaubat dari sifat-sifat yang tercela.


 

 

 

Hadits ke-11 dari 23, BAB 2. TAUBAT KITAB : NUZHATUL MUTTAQIEN SYARH RIYADUS SHALIHIN Hadits ke-11 dari 23, BAB 2. TAUBAT KITAB : NUZHATUL MUTTAQIEN SYARH RIYADUS SHALIHIN Reviewed by sangpencerah on Juli 06, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar: