Hadits ke-10 dari 34, BAB 3. SABAR, KITAB : NUZHATUL MUTTAQIEN SYARH RIYADUS SHALIHIN

Hadits ke-10 dari 34, BAB 3. SABAR, KITAB : NUZHATUL MUTTAQIEN SYARH RIYADUS SHALIHIN

 




 وعن أنس رضي الله عنه قال‏:‏ سمعْتُ رسولَ اللهِ صلى الله عليه وسلم يَقُولُ ‏:‏ ‏"‏إنّ لله عَزّوجلّ قال‏:‏إِذَا ابْتَلَيْتُ عَبْدِي بحَبِيبَتَيْهِ، فَصَبَرَ؛ عَوَّضْتُهُ مِنْهُمَا الجَنَّةَ. يُرِيدُ عَيْنَيْهِ ‏، ‏(‏‏(‏رواه البخاري‏)‏‏)‏‏.‏

 

34. Dari Anas ra., berkata: "Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda: "Sesungguhnya Allah 'Azza wa jalla berfirman:"Jikalau Aku memberi cobaan kepada hambaKu dengan (penyakit) pada kedua (anggota tubuh) yang dicintainya (yakni kedua matanya menjadi buta), kemudian ia bersabar, maka untuknya akan Kuberi ganti surga.  karena kehilangan kedua matanya itu." (Riwayat Bukhari)

 

HR Bukhari Fii Kitabi Mardha ( Bab Fadlu man dzahaba basarahu)


Lughatul Hadits:
- Idzabtalaytu 'abdy: yaitu Aku (Allah SWT) lakukan suatu tindakan sebagai penguji atau pemberi cobaan/tes


Faidah Hadits
- Nabi Muhammad SAW mengkhususkan dampak (ujian) kedua mata dengan balasan ini, karena kedua mata adalah anggota tubuh yang paling dicintai.
- Surga adalah balasan terbesar, karena kenikmatan (mata di dunia) dengan penglihatan yang sebentar sebagaimana fananya dunia, sedangkan kenikmatan di surga, maka itu abadi selamanya. 






Hadits ke-10 dari 34, BAB 3. SABAR, KITAB : NUZHATUL MUTTAQIEN SYARH RIYADUS SHALIHIN Hadits ke-10 dari 34, BAB 3. SABAR, KITAB : NUZHATUL MUTTAQIEN SYARH RIYADUS SHALIHIN Reviewed by sangpencerah on September 25, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar: