Hadits ke-13 dari 37, BAB 3. SABAR, KITAB : NUZHATUL MUTTAQIEN SYARH RIYADUS SHALIHIN

Hadits ke-13 dari 37, BAB 3. SABAR, KITAB : NUZHATUL MUTTAQIEN SYARH RIYADUS SHALIHIN




وعَنْ أَبِي سَعِيدٍ وَ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنهما عن النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : مَا يُصِيبُ الْمُسْلِمَ مِنْ نَصَبٍ وَلَا وَصَبٍ وَلَا هَمٍّ وَلَا حُزْنٍ وَلَا أَذًى وَلَا غَمٍّ حَتَّى الشَّوْكَةِ يُشَاكُهَا إِلَّا كَفَّرَ اللَّهُ بِهَا مِنْ خَطَايَاهُ. (‏‏(‏متفق عليه‏)‏‏)‏ ‏. ‏‏و‏ ‏الوصب‏ ‏ ‏:‏ المرض


37. Dari Abu Said dan Abu Hurairah radhiallahu 'anhuma dari Nabi SAW Sabdanya:

Tidak suatu musibah pun yang mengenai seorang muslim, tidak juga keletihan, kekhawatiran dan kesedihan, dan tidak juga gangguan dan kesusahan bahkan duri yang melukainya melainkan Allah akan menghapus dengan hal-hal tersebut daripada kesalahan-kesalahannya." (Muttafaqun 'alaih).

dan keletihan (itu juga bermakna ): sakit 


HR.  Bukhari fil Mardha (Bab Maa Jaa'a fii kafaratil mardha, wa qauluhullahu ta'ala: man ya'mal suu an yujzaa bihi), HR.  Muslim fil Birri ( Bab Tsawabul mukmin fii maa yushibuhu min maradhin aw khuznin aw nahwa dzalika, hatta syaukati yusyakuha).



Lughatul hadits:

- Min nashabin: dari keletihan

- Walaa aadin: tidak juga apa saja yang menggangu diri manusia. 

- Walaa ghammin: kesedihan yang berlebih dan sangat terhadap orang yang ditimpanya. Hingga ia merasa kesusahan atas hal tsb. 

- Yusyakuha: tertancapnya (duri) dalam tubuhnya.

- Min khatayaahu: sebagian kesalahan-kesalahannya (dosa-dosanya), karena sebgian dosa tidak terhapus dengan hal itu,  seperti melanggar hak manusia dan dosa-dosa besar.



Faidah Hadits:

- Berbagai rasa sakit dan sejenisnya dari hal-hal yang menyakitkan yang menimpa seorang mukmin dapat membersihkan dari dosa. 

- Musibah (makna yang sebenarnya itu), jika (seseorang) diharamkan dari mendapat pahala.




Hadits ke-13 dari 37, BAB 3. SABAR, KITAB : NUZHATUL MUTTAQIEN SYARH RIYADUS SHALIHIN Hadits ke-13 dari 37, BAB 3. SABAR, KITAB : NUZHATUL MUTTAQIEN SYARH RIYADUS SHALIHIN Reviewed by sangpencerah on Oktober 17, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar: