Hadits ke-15 dari 39, BAB 3. SABAR, KITAB : NUZHATUL MUTTAQIEN SYARH RIYADUS SHALIHIN

Hadits ke-15 dari 39, BAB 3. SABAR, KITAB : NUZHATUL MUTTAQIEN SYARH RIYADUS SHALIHIN


وعن أبي هريرة رضي الله عنه قال‏:‏ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ :" مَنْ يُرِدِ اللَّهُ بِهِ خَيْرًا يُصِبْ مِنْهُ"‏ ‏:‏ ‏(‏‏(‏رواه البخاري‏)‏‏)‏‏. ‏‏‏وضبطوا ‏ ‏"يصب‏" ‏ ‏:‏بفتح الصاد وكسرها


39. Dari Abu Hurairah ra., berkata: Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa dikehendaki oleh Allah memperoleh kebaikan, maka Allah akan memberikan musibah (ujian) padanya" (HR Bukhari)


Para ulama menyatakan: (kata) "Yushab", boleh dibaca fathah shadnya dan boleh pula dikasrahkan (dibaca: yushib)

HR.  Bukhari fil mardha (Bab Maa jaa a fii kafaratil mardha,  wa qauluLlahu Ta'ala: Man ya'mal suu'an yuzza bihi)



Lughatul Hadits:

Yushib minhu: dihadapkan padanya musibah, dan ditimpakannya musibah,  baik itu ke badannya,  atau hartanya atau ke sesuatu yang dicintainya.



Faidah Hadits:

Seorang mukmin tidak akan lepas dari kesalahan, kekurangan, maupun aib,  akan tetapi apapun yang menimpanya selalu baik,  (karena dengan sikap sabar) semuanya segera dipasrahkan kepada Allah Ta'ala,  dan hal itu terkandung didalamnya daripada penghapus keburukan (dosa).



Hadits ke-15 dari 39, BAB 3. SABAR, KITAB : NUZHATUL MUTTAQIEN SYARH RIYADUS SHALIHIN Hadits ke-15 dari 39, BAB 3. SABAR, KITAB : NUZHATUL MUTTAQIEN SYARH RIYADUS SHALIHIN Reviewed by sangpencerah on November 03, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar: