Tanya Jawab Agama: PUASA UNTUK PENDERITA DIABETES

PUASA UNTUK PENDERITA DIABETES
(TANYA JAWAB AGAMA)



Pertanyaan: 
Salah seorang kerabat saya menderita penyakit diabetes atau kencing manis yang cukup kronis menurut petunjuk dokter dia harus makan kentang setiap hari atau bukan nasi dan makanannya pun harus diukur titik karena itu, sesuai saran dokter Iya tidak dapat melaksanakan ibadah puasa sebagaimana mestinya. Apakah yang bersangkutan tidak dapat dengan membayar Fidyah atau tidak puasa dengan menyalur di waktu lain? (H.  Agusnur M.  Lgn.  No. 1663, Muka pasar lama Blangkejeren,  Aceh Tenggara)



Jawaban: 
harap berkonsultasi dengan dokter nya, apakah memang si penderita kalau berpuasa akan mendapatkan mafsadah atau kerusakan yang lebih parah, atau justru akan mengurangi kadar gula dalam darahnya. Kalau menurut dokter muslim yang ahli, jika yang bersangkutan berpuasa akan mendatangkan mafsadah, sehingga tidak ada waktu lagi untuk mengganti di waktu yang lain, karena sakit diabetes adalah sakit yang berkesinambungan, maka yang bersangkutan tidak puasa dan membayar Fidyah,  dimasukkan dalam kualifikasi "YUTHIEQUUNAHU" pada quran surat Al-Baqarah ayat 184:


أَيَّامًا مَعْدُودَاتٍ ۚ فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ ۚ وَعَلَى الَّذِينَ يُطِيقُونَهُ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِينٍ ۖ فَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَهُ ۚ وَأَنْ تَصُومُوا خَيْرٌ لَكُمْ ۖ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ


(yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barangsiapa diantara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.


Sumber:
Buku Tanya Jawab Jillid 2, Majalah Suara Muhammadiyah.
Tanya Jawab Agama: PUASA UNTUK PENDERITA DIABETES Tanya Jawab Agama: PUASA UNTUK PENDERITA DIABETES Reviewed by sangpencerah on April 20, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar: