MILLAH IBRAHIM A.S.

MILLAH IBRAHIM A.S.
Oleh Ust. Drs Nurdin Hasan M.Ag


 

 Allah SWT menciptakan manusia sebagai khalifah dibumi dan juga diberi amanah berupa bumi seisinya maka manusia itu berusaha untuk memakmurkan bumi ini dan tidak boleh dirusak dan manusia diciptakan dengan tujuan beribadah kepada Allah SWT. Dan manusia karena dibebani amanah maka akan diminta pertanggung jawan dihari qiyamat kelak ,maka Allah SWT memberi dua jalan yang benar dan jalan yang salah, manusia diberi akal dan panca indra agar dapat membedakan yang benar dan salah,akan tetapi itu saja tidak cukup maka agar manusia selamat dunia dan akhirat Allah SWT mengirim seorang Nabi dan Rasul yang dilengkapi dengan Wahyu atau kitab untuk pedoman bagi manusia


Dalam Al-Qur’an, Allah SWT menjelaskan dan menceritrakan bahwa setiap umat Allah SWT mengirim seornag Nabi dan Rasul, hanya tidak semua Nabi tidak tercantum dalam Al-Qur’an salah satu Nabi yang disebut dalam Al-Qur’an adalah Nabi Ibrahim a.s., dari Nabi Ibrahim menurunkan beberapa Nabi, Ishak a.s. dan  Ismail a.s. dan dari nabi Ishak a.s., menurunkan Ya’qub a.s.,  dan Ish a.s dari jalur inilah Nabi Yaqub mempunyai anak 12 orang  sedang Ish a.s. menurunkan Nabi Ayub a.s., dan Musa a.s., sampai pada Isa a.s. Semua Nabi dan Rasul yang diutus oleh Allah SWT adalah bergama Islam salah satu ciri nya adalah mereka senantiasa mengajak umatnya untuk menyembah kepada Allah Tuhan yang Esa, Nabi Ibrahim a.s sebagai seorang Nabi yang masuk salah satu Nabi yang digelar Ulul Azmi artinya seorang Nabi dan Rasul dicoba oleh Allah SWT dengan cobaan yang berat sekali yaitu Nabi Ibrahim a.s dihadapkan pada seorang Raja yang Zdolim yaitu Raja Namrud yang mengaku dirinya sebagai Tuhan dengan menyembah kepada patung karena keberanian Nabi Ibrahim a.s. Tuhan-tuhan mereka dihancurkan dengan resiko Nabi Ibrahim a.s. dibakar oleh Raja namrud, tetapi Allah SWT menyelamatkan. Sebelumnya Nabi Ibrahim a.s. mencari Tuhan dan menemukan yaitu Allah tuhan yang maha Esa, kemudian berdebat dengan Namrud ternyata namurd pun kalah tidak punya hujjah melawan Nabi Ibrahim a.s maka diusirla Nabi Ibrahim a.s. dan pergi ke Mesir. Kemudian kembali ke Palestina (Kan’ah )  karena Nabi Ibrahim a.s. belum punya turunan maka hadiah dari raja mesir siti Hajar dianjurkan isterinya sarah untuk menikah dengan Ibrahim a.s., maka lahirlah seorang putra namanya Ismail a.s. kemudian Allah perintahkan Ibrahim a.s. membawa Hajar dan Ismail a.s. dibawa ke Bekka (Mekkah) tanah yang tandus,  dan atas ijin Allah SWT, Hajar mencari air dari marwah ke Safa maka keluarlah mata Air yang diberi nama Zam-zam ketika Ismail a.s. besar, Allah SWT perintahkan ismail a.s. disembelih sebagai korban, mulai dari sinilah awal disyariatkan Ibadah Qorban setiap tahun pada bulan Zulhijjah ketika hari Raya Idul Adha. Kemudian Allah SWT perintahkan Ibrahim a.s. dan Ismail a.s. untuk membangun Ka’bah sebagai Rumah Allah SWT yang pertama untuk sholat dan Thawaf


إِنَّ أَوَّلَ بَيْتٍ وُضِعَ لِلنَّاسِ لَلَّذِي بِبَكَّةَ مُبَارَكًا وَهُدًى لِلْعَالَمِينَ

 

Sesungguhnya rumah yang mula-mula dibangun untuk (tempat beribadah) manusia, ialah Baitullah yang di Bakkah (Mekah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi semua manusia. (QS ali-Imran 3 : 96 )


Sebagai pusat peribadatan untuk menyembah Allah SWT, dan Allah SWT pun memerintahkan pada Ibrahim a.s. untuk menyeru manusia agar  datang ke Mekkah dari seluruh penjuru dunia


إِنَّ أَوَّلَ بَيْتٍ وُضِعَ لِلنَّاسِ لَلَّذِي بِبَكَّةَ مُبَارَكًا وَهُدًى لِلْعَالَمِينَ


Sesungguhnya rumah yang mula-mula dibangun untuk (tempat beribadah) manusia, ialah Baitullah yang di Bakkah (Mekah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi semua manusia. (QS ali-Imran 3 : 96 )


وَأَذِّنْ فِي النَّاسِ بِالْحَجِّ يَأْتُوكَ رِجَالا وَعَلَى كُلِّ ضَامِرٍ يَأْتِينَ مِنْ كُلِّ فَجٍّ عَمِيقٍ


Dan berserulah kepada manusia untuk mengerjakan haji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki, dan mengendarai unta yang kurus yang datang dari segenap penjuru yang jauh, (QS al-Hajj 22 : 27 )


Maka Ibrahim adalah orang yang berserah diri kepada Allah SWT dan orang yang sangat  Hanif lurus.


وَمَنْ يَرْغَبُ عَنْ مِلَّةِ إِبْرَاهِيمَ إِلا مَنْ سَفِهَ نَفْسَهُ وَلَقَدِ اصْطَفَيْنَاهُ فِي الدُّنْيَا وَإِنَّهُ فِي الآخِرَةِ لَمِنَ الصَّالِحِينَ


Dan tidak ada yang benci kepada agama Ibrahim, melainkan orang yang memperbodoh dirinya sendiri, dan sungguh Kami telah memilihnya di dunia dan sesungguhnya dia di akhirat benar-benar termasuk orang-orang yang shaleh (QS al-Baqarah 2 : 130 )


إِذْ قَالَ لَهُ رَبُّهُ أَسْلِمْ قَالَ أَسْلَمْتُ لِرَبِّ الْعَالَمِينَ


Ketika Tuhannya berfirman kepadanya: "Tunduk patuhlah!" Ibrahim menjawab: "Aku tunduk patuh kepada Tuhan semesta alam". (QS al-Baqarah  131 ).

ini menunjukan bahwa Ibarahim a.s. adalah seorang yang lurus dan patuh dan tunduk kepada Allah SWT dan menyerahkan dirinya hanya kepadaNya

Dalam perkembangan selanjutnya orang Yahudi dan Nasrani, mengklaim bahwa Ibrahim a.s. adalah beragama Yahudi dan orang Nasrani mengklaim Ibrahim beragama Nasrani. Klaim kedua golongan itu dibantah oleh Allah SWT.

 

مَا كَانَ إِبْرَاهِيمُ يَهُودِيًّا وَلا نَصْرَانِيًّا وَلَكِنْ كَانَ حَنِيفًا مُسْلِمًا وَمَا كَانَ مِنَ الْمُشْرِكِينَ

 

Ibrahim bukan seorang Yahudi dan bukan (pula) seorang Nasrani, akan tetapi dia adalah seorang yang lurus lagi berserah diri (kepada Allah) dan sekali-kali bukanlah dia termasuk golongan orang-orang musyrik (QS Ali-Imran 3 : 67 )

 

 Kita mencoba mengkaji apakah betul Millah Ibrahim a.s. itu  Agama Yahudi  kata Yahudi itu diambil dari salah satu nama putra pertama Nabi Ya’qub a.s. namanya Yahudza. Nabi Ya’qub a.s. itu putra Nabi Ishak a.s., Nabi Ishak a.s. adalah putra Nabi Ibrahim a.s. jadi Yahudza itu buyutnya Nabi Ibrahim a.s turunan ketiga setelah Nabi Ibrahim a.s. jadi tidak mungkin Nabi Ibrahim a.s. itu beragama Yahudi.  Demikian pula Nabi Ibrahim a.s. bukan beragama Nasrani karena agama Nasrani itu adalah nama Agama yang dibawa Nabi Isa a.s. karena Nabi Isa a.s. itu lahir di Nazaret maka nama agama diberi nama Nasrani oleh pengikut Nabi Isa a.s. Nama Agama Nasrani itu lahir setelah Nabi Isa a.s. diangkat oleh Allah SWT ke langit,  sementara Nabi Isa a.s. itu buyutnya Ibrahim a.s. dari turunan dari Imran  saudaranya  Maryam ibunya Nabi isa a.s. Maka kesimpulan bahwa Nabi Ibrahim a.s. beragamakan Islam sebagaimana para Nabi sebelumnya adalah manusia biasa dan mereka senantiasa sejak Nabi Adam a.s. sampai Nabi Isa a.s. selalu menyeru kepada umatnya untuk menyembah kepada Allah SWT dan tidak mempersekutukan sesuatu dalam beribadah kepada Allah SWT.

 

Nabi Ibrahim a.s. adalah nenek moyang Nabi Muhammad SAW,  disebutkan dalam Al-qur’an Allah SWT akan menjadikan anak turunan jadi peimimpin ajaran yang dibawa Nabi Ibrahim a.s. seperti penyembelihan Qurban, Thawaf , Sai  antara Safah dan Marwah, shalat di maqam Ibrahim a.s. merupakan syariat Nabi Ibrahim a.s. tidak mempersekutukan sesuatu dengan Allah SWT yang kemudian disempunakan Nabi Muhammad  SAW  sebagai Nabi terakhir, maka dalam bacaan tahiyat dalam shalat baik Shalat Wajib maupun shalat sunnah dan shalat Jenazahpun senantiasa kita membaca shalawat Ibrahim  itu merupakan salah satu rukun shalat jika kita tidak membaca berarti kita harus sujud  sahwi sebagai penyempurnaan shalat kita.

 

شَرَعَ لَكُمْ مِنَ الدِّينِ مَا وَصَّى بِهِ نُوحًا وَالَّذِي أَوْحَيْنَا إِلَيْكَ وَمَا وَصَّيْنَا بِهِ إِبْرَاهِيمَ وَمُوسَى وَعِيسَى أَنْ أَقِيمُوا الدِّينَ وَلا تَتَفَرَّقُوا فِيهِ كَبُرَ عَلَى الْمُشْرِكِينَ مَا تَدْعُوهُمْ إِلَيْهِ اللَّهُ يَجْتَبِي إِلَيْهِ مَنْ يَشَاءُ وَيَهْدِي إِلَيْهِ مَنْ يُنِيبُ


Dia telah mensyariatkan kamu tentang agama apa yang telah diwasiatkan-Nya kepada Nuh dan apa yang telah Kami wahyukan kepadamu dan apa yang telah Kami wasiatkan kepada Ibrahim, Musa dan Isa yaitu: Tegakkanlah agama dan janganlah kamu berpecah belah tentangnya. Amat berat bagi orang-orang musyrik agama yang kamu seru mereka kepadanya. Allah menarik kepada agama itu orang yang dikehendaki-Nya dan memberi petunjuk kepada (agama) -Nya orang yang kembali (kepada-Nya). (QS. Asy-Syura 42: 13) 


MILLAH IBRAHIM A.S. MILLAH IBRAHIM A.S. Reviewed by sangpencerah on Juli 14, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar: