Tafsir QS. An-Nazi'at, ayat 34-46 Ibnu Katsir
فَإِذَا جَاءَتِ الطَّامَّةُ الْكُبْرَى (34) يَوْمَ يَتَذَكَّرُ
الْإِنْسَانُ مَا سَعَى (35) وَبُرِّزَتِ الْجَحِيمُ لِمَنْ يَرَى (36) فَأَمَّا
مَنْ طَغَى (37) وَآثَرَ الْحَيَاةَ الدُّنْيَا (38) فَإِنَّ الْجَحِيمَ هِيَ
الْمَأْوَى (39) وَأَمَّا مَنْ خَافَ مَقَامَ رَبِّهِ وَنَهَى النَّفْسَ عَنِ
الْهَوَى (40) فَإِنَّ الْجَنَّةَ هِيَ الْمَأْوَى (41) يَسْأَلُونَكَ عَنِ
السَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَاهَا (42) فِيمَ أَنْتَ مِنْ ذِكْرَاهَا (43) إِلَى
رَبِّكَ مُنْتَهَاهَا (44) إِنَّمَا أَنْتَ مُنْذِرُ مَنْ يَخْشَاهَا (45)
كَأَنَّهُمْ يَوْمَ يَرَوْنَهَا لَمْ يَلْبَثُوا إِلَّا عَشِيَّةً أَوْ ضُحَاهَا
(46)
Maka apabila
malapetaka yang sangat besar (hari kiamat) telah datang. Pada hari (ketika)
manusia teringat akan apa yang telah dikerjakannya, dan diperlihatkan neraka
dengan jelas kepada setiap orang yang melihat. Adapun orang yang melampaui
batas, dan lebih mengutamakan kehidupan dunia, maka sesungguhnya nerakalah
tempat tinggal (nya). Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran
Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya, maka sesungguhnya
surgalah tempat tinggal (nya). (Orang-orang kafir) bertanya kepadamu (Muhammad)
tentang hari berbangkit, kapankah kejadiannya? Siapakah kamu (sehingga) dapat
menyebutkan (waktunya)? Kepada Tuhanmulah dikembalikan kesudahannya (ketentuan
waktunya). Kamu hanyalah pemberi peringatan bagi siapa yang takut kepadanya
(hari berbangkit). Pada hari mereka melihat hari berbangkit itu, mereka merasa
seakan-akan tidak tinggal (di dunia) melainkan (sebentar saja) di waktu sore
atau pagi hari.
Firman Allah SWT.:
فَإِذَا
جَاءَتِ الطَّامَّةُ الْكُبْرَى
Maka apabila malapetaka yang sangat besar telah datang. (An-Nazi'at:
34)
Yang dimaksud dengannya adalah hari kiamat. Ibnu Abbas mengatakan bahwa hari kiamat disebut demikian karena pada hari itu banyak terjadi semua peristiwa yang dahsyat lagi sangat mengerikan, sebagaimana yang disebutkan dalam firman-Nya:
وَالسَّاعَةُ
أَدْهى وَأَمَرُّ
dan hari kiamat itu lebih dahsyat dan lebih pahit. (Al-Qamar: 46)
Adapun firman Allah SWT.:
يَوْمَ
يَتَذَكَّرُ الإنْسَانُ مَا سَعَى
Pada hari (ketika) manusia teringat akan apa yang telah dikerjakannya.
(An-Nazi'at: 35)
Yakni pada hari itu manusia teringat semua kebaikan dan keburukan yang telah dikerjakannya, sebagaimana yang disebutkan dalam ayat lain melalui firman-Nya:
يَوْمَئِذٍ
يَتَذَكَّرُ الْإِنْسانُ وَأَنَّى لَهُ الذِّكْرى
dan pada hari itu ingatlah manusia, akan
tetapi tidak berguna lagi mengingat itu baginya. (Al-Fajr: 23)
Firman Allah SWT.:
وَبُرِّزَتِ
الْجَحِيمُ لِمَنْ يَرَى
dan diperlihatkan neraka dengan jelas kepada setiap orang yang melihat.
(An-Nazi'at: 36)
Yaitu neraka ditampakkan, sehingga semua manusia dapat melihatnya dengan mata kepala mereka sendiri.
فَأَمَّا
مَنْ طَغَى
Adapun orang yang melampaui batas (An-Nazi'at: 37)
Maksudnya, membangkang dan berlaku sewenang-wenang.
وَآثَرَ
الْحَيَاةَ الدُّنْيَا
dan lebih mengutamakan kehidupan dunia (An-Nazi'at: 38)
Yakni lebih memprioritaskannya daripada urusan agama dan bekal di akhiratnya.
فَإِنَّ
الْجَحِيمَ هِيَ الْمَأْوَى
maka sesungguhnya nerakalah tempat tinggal(nya). (An-Nazi'at: 39)
Maka tempat kembalinya adalah neraka Jahim, dan makanannya adalah buah zaqqum, sedangkan minumannya adalah air yang mendidih lagi sangat panas.
وَأَمَّا
مَنْ خَافَ مَقَامَ رَبِّهِ وَنَهَى النَّفْسَ عَنِ الْهَوَى
Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan
diri dari keinginan hawa nafsunya. (An-Nazi'at: 40)
Yaitu takut akan hari ia dihadapkan kepada Allah SWT. dan takut akan keputusan Allah SWT terhadap dirinya di hari itu, lalu ia menahan hawa nafsunya dan tidak memperturutkannya serta menundukkannya untuk taat kepada Tuhannya.
فَإِنَّ
الْجَنَّةَ هِيَ الْمَأْوَى
maka sesungguhnya surgalah tempat tinggal(nya). (An-Nazi'at: 41)
Yakni sebagai tempat berpulangnya; surga yang luaslah tempat kembalinya.
Kemudian disebutkan dalam firman berikutnya:
يَسْأَلُونَكَ
عَنِ السَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَاهَا فِيمَ أَنْتَ مِنْ ذِكْرَاهَا إِلَى رَبِّكَ
مُنْتَهَاهَا
(Orang-orang kafir) bertanya kepadamu (Muhammad) tentang hari
berbangkit, kapankah terjadinya? Siapakah kamu (sehingga) dapat
menyebutkan (waktunya)? Kepada Tuhanmulah dikembalikan kesudahannya
(ketentuan waktunya). (An-Nazi'at: 42-44)
Artinya, pengetahuan tentang waktunya bukan dikembalikan kepadamu dan bukan
pula kepada seseorang makhluk, melainkan pengetahuan mengenainya hanyalah ada
di tangan Allah SWT. Dialah Yang mengetahui waktunya dengan tepat.
ثَقُلَتْ
فِي السَّماواتِ وَالْأَرْضِ لَا تَأْتِيكُمْ إِلَّا بَغْتَةً يَسْئَلُونَكَ كَأَنَّكَ
حَفِيٌّ عَنْها قُلْ إِنَّما عِلْمُها عِنْدَ اللَّهِ
Kiamat itu amat berat (huru-haranya bagi makhluk) yang di langit dan di
bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepada kalian melainkan dengan tiba-tiba.
Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya.
Katakanlah, "Sesungguhnya pengetahuan tentang hari kiamat itu adalah di
sisi Allah.” (Al-A'raf: 187)
Dan dalam surat ini disebutkan oleh firman-Nya:
إِلَى
رَبِّكَ مُنْتَهَاهَا
Kepada Tuhanmulah dikembalikan kesudahannya (ketentuan waktunya).
(An-Nazi'at: 44)
Karena itulah ketika Jibril a.s. bertanya kepada Rasulullah SAW., maka
beliau SAW. menjawabnya dengan perkataan:
مَا الْمَسْئُولُ عَنْهَا بِأَعْلَمَ مِنَ السَّائِلِ.
Tidaklah orang yang ditanya mengenai waktu kedatangannya lebih mengetahui
daripada orang yang menanyakannya.
Firman Allah SAW.:
إِنَّمَا
أَنْتَ مُنْذِرُ مَنْ يَخْشَاهَا
Kamu hanyalah pemberi peringatan bagi siapa yang takut kepadanya
(hari berbangkit). (An-Nazi'at: 45)
Yakni sesungguhnya Aku mengutusmu Muhammad hanyalah agar engkau memberi
peringatan kepada manusia dan memperingatkan mereka akan pembalasan dan azab
Allah. Maka barang siapa yang takut kepada Allah dan takut akan kedudukan Allah
dan ancaman-Nya, niscaya ia mengikutimu dan beruntunglah dia serta beroleh
kemenanganlah dia. Dan kerugian serta kekecewaan pasti akan menimpa orang-orang
yang menentang dan mendustakanmu.
Firman Allah SWT.:
كَأَنَّهُمْ
يَوْمَ يَرَوْنَهَا لَمْ يَلْبَثُوا إِلا عَشِيَّةً أَوْ ضُحَاهَا
Pada hari mereka melihat hari berbangkit itu, mereka merasa seakan-akan
tidak tinggal (di dunia) melainkan (sebentar saja) di waktu sore atau pagi hari.
(An-Nazi'at: 46)
Yaitu apabila mereka dibangkitkan dari kuburnya masing-masing, lalu digiring
ke padang mahsyar, maka saat itulah mereka merasa amat pendek dan singkatnya
masa tinggal mereka di dunia, sehingga seakan-akan menurut mereka hanya tinggal
selama suatu pagi atau suatu sore hari saja.
Juwaibir telah meriwayatkan dari Ad-Dahhak, dari Ibnu Abbas sehubungan
dengan makna firman Allah SWT. Pada hari mereka melihat hari berbangkit itu,
mereka merasa seakan-akan tidak tinggal (di dunia) melainkan (sebentar saja) di
waktu sore atau pagi hari. (An-Nazi'at: 46) Bahwa yang dimaksud dengan sore
hari ialah jarak waktu mulai dari lohor sampai dengan terbenamnya matahari.
Sedangkan yang dimaksud dengan pagi hari ialah jarak waktu antara terbitnya
matahari sampai dengan pertengahan siang hari.
Qatadah mengatakan sehubungan dengan makna ayat ini, bahwa ini menggambarkan
tentang masa tinggal di dunia menurut pandangan manusia ketika mereka
menyaksikan dengan nyata alam akhirat.
Tidak ada komentar: