ZUHUD MERAIH CINTA ALLAH SWT

 ZUHUD MERAIH CINTA  ALLAH SWT
OLEH : UST. IMAM SYAFI’I
Anggota CMM



            Seseorang menanyakan pada Rasulullah SAW, "yaa Rasulallah tunjukkanlah padaku perbuatan yang jika aku melakukannya, aku dicintai Allah dan manusia. maka Beliau bersabda: ”Zuhudlah engkau pada dunia, pasti Allah mencintaimu dan zuhudlah engkau pada apa yang dicintai manusia, pasti manusia mencintaimu.” (HR Ibnu Majah no 4102. Kata Annawawi, hadits hasan)

Zuhud adalah berpalingnya keinginan pada yang hina (dunia) kepada sesuatu yang lebih baik darinya (akhirat). Dalam pengertian lain, meninggalkan sesuatu yang tak bermanfaat untuk akhirat. Maka maksud zuhud terhadap dunia apabila berbuat bukan demi mendapatkan nilai duniawi tetapi semata-mata karena Allah SWT. Maka sama saja bagimya mendapat pujian atau mendapat celaan manusia.

Ahmad berkata; ”Zuhud terhadap dunia adalah memendekkan angan-angan,mengecilkan arti dunia dan menghapuskan pengaruhnya dari hati….”

Ibnu Qayyim menjelaskan,”Orang yang dekat dengan Allah sepakat bahwa zuhud adalah perjalanan hati dari negeri dunia dan mengambil tempat tinggal di negeri akhirat.” Kata beliau pula, ”Kecintaan pada akhirat tak sempurna kecuali dengan kezuhudan terhadap dunia.Kezuhudan terhadap dunia tak tegak kecuali setelah dua pandangan yang benar”

Dua pandangan .

·       Pandangan kepada dunia; kecepatan hilangnya, kefanaannya, kelenyapannya dan kehinaannya.

·       Pandangan kepada akhirat; kedatangannya, keabadiannya, kemuliaan yang ada di dalamnya berupa kebaikan dan kesenangan, serta perbedaan yang jauh antara semua itu dengan yang ada di dunia, Allah SWT berfirman:

 

وَالْآخِرَةُ خَيْرٌ وَأَبْقى

 

“Dan akhirat itu lebih baik dan lebih kekal” (QS.Al A’la 17)

Zaahid (orang yang zuhud) akan menganggap kemewahan dunia sebagai kenyamanan berteduh di bawah pohon saat dia mengarungi perjalanan panjang yang melelahkan. Dia berteduh seperlunya(tak berlama-lama), lalu melanjutkan perjalanan panjangnya menuju kampung kebahagiaan hakiki (ridla dan jannah Allah SWT). Baginya dunia itu terlaknat, selain dzikrullah, pemilik dan pencari ilmu. Dunia hanyalah ladang tempat konsentrasi mencurahkan segala potensi untuk empat hal, yaitu :


1.   Ilmu, ialah mengenal Allah SWT, mengenal Nabi-Nya dan mengenal agama Islam berdasarkan dalil-dalil.

2.     Amal, ialah menerapkan ilmu ini.

3.     Da'wah, ialah mengajak orang lain kepada ilmu ini.

4. Sabar, ialah tabah dan tangguh menghadapi segala rintangan dalam menuntut ilmu, mengamalkannya dan berda'wah kepadanya, bersabar dalam meniti jalanNya. Yang mana sering terjadi liku-liku jalan yang dilalui penuh onak dan duri, rintangan, gangguan serta halangan.

Dalilnya, firman Allah Ta'ala.

"Artinya : Demi masa. Sesungguhnya setiap manusia benar-benar berada dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman, melakukan segala amal shalih dan saling nasihat-menasihati untuk (menegakkan) yang haq, serta nasehat menasehati untuk (berlaku) sabar". (Al-'Ashr : 1-3).

 

Imam Asy-Syafi'i1 Rahimahullah Ta'ala, mengatakan: "Seandainya Allah hanya menurunkan surah ini saja sebagai hujjah buat makhluk-Nya, tanpa hujjah lain, sungguh telah cukup surah ini sebagai hujjah bagi mereka".

Dan Imam Al-Bukhari Rahimahullah Ta'ala, mengatakan: " Ilmu didahulukan sebelum

ucapan dan perbuatan".

Dalilnya firman Allah Ta'ala.

 

                 للَّهُ إِلَّا إِلَهَ لَا أَنَّهُ فَاعْلَمْ

"Artinya : Maka ketahuilah, sesungguhnya tiada sesembahan (yang haq) selain Allah dan mohonlah ampunan atas dosamu". (Muhammad : 19).


Dalam ayat ini, Allah SWT memerintahkan terlebih dahulu untuk berilmu (berpengetahuan) .... .." sebelum ucapan dan perbuatan.

Menjual dunia dan berorientasi akhirat membuat hamba menganggap ringan segala gangguan yang dijumpai pada jalan Allah SWT. Kecintaan Allah SWT dapat diraih dengan zuhud terhadap dunia,dangan meremehkan dan menghinakannya karena Allah SWT.

 

فَلا تَغُرَّنَّكُمُ الْحَياةُ الدُّنْيا وَلا يَغُرَّنَّكُمْ بِاللَّهِ الْغَرُورُ

Maka janganlah sekali-kali kehidupan dunia memperdayakan kamu,dan jangan pula penipu(setan) memperdayakan kamu dalam (menaati) Allah” (QS Luqman 33)


اعْلَمُوا أَنَّمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا لَعِبٌ وَلَهْوٌ وَزِينَةٌ وَتَفَاخُرٌ بَيْنَكُمْ وَتَكَاثُرٌ فِي الأمْوَالِ وَالأوْلادِ

Ketahuilah,bahwa sesungguhnya kehidupan dunia hanyalah permainan dan sesuatu yang melalaikan, perhiasan dan bermegah-megah antara kamu serta berbangga-bangga tentang banyaknya harta dan anak.(QS Al Hadid 20).


Allah SWT berfirman: Laki-laki yang tidak dilalaikan oleh perniagaan dan tidak (pula) oleh jual beli dari mengingati Allah, (QS An-Nur, 24:37) 

 Allah SWT menyejajarkan para pedagang dengan orang-orang yang berjihad di jalan Allah SWT


وَآخَرُونَ يَضْرِبُونَ فِي الْأَرْضِ يَبْتَغُونَ مِنْ فَضْلِ اللَّهِ وَآخَرُونَ يُقَاتِلُونَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ


dan orang-orang yang lain berjalan di muka bumi mencari sebagian karunia Allah; dan orang-orang yang lain lagi yang berperang di jalan Allah,. (QS Al-Muzzammil, 73:20)


Perdagangan untuk mencari kesejahteraan di dunia tidaklah tercela. Sebaik-baik urusan dunia adalah yang dapat menjadi tunggangan menuju akhirat. Adapun yang tercela adalah jika kita selalu tenggelam dalam urusan keduniaan, hati kita selalu terikat pada dunia sehingga kita melalaikan hak-hak dan perintah-perintah Allah SWT. Yang terpuji adalah hidup sederhana, tidak berlebih-lebihan. Hidup berlebih-lebihan membuat seseorang terlambat masuk surga.

Dengan hidup sederhana, seseorang akan ringan hati menginfakkan hartanya di jalan Allah SWT, meski secara umum hal itu terasa sukar bagai mendaki gunung terjal. seperti digambarkan QS Al Balad 12-13.

Diantara bentuk infak; membebaskan budak. Seperti kita ingat, Abu Bakar RA yang kaya raya itu sigap memerdekakan Bilal RA, seorang budak yang disiksa tuannya (Umayyah) karena keislaman Bilal. Dana pembebasan Bilal mencapai 40 ons emas/ 4000 gram. Andai harga emas Rp. 400rb/gram, berarti Rp.1.600.000.000 (Satu miliar Enam ratus juta). Insyaallah tak kan mudah kita jumpai masa sekarang ada orang kaya yang mau seperti Abu Bakar RA. Beliau berteriak pada manusia; “saksikanlah dia aku bebaskan. Dia Adik dan temanku. Tak ada yang bisa memisahkan kami kecuali kematian” Sampai-sampai bapak beliau menegurnya, “Wahai anakku mengapa kau membuang hartamu untuk orang-orang lemah seperti itu?  Amir Ibnu Fahirah, Ummu Umais, pembantu Abd Al-Dar dan anaknya, kemudian pelayan lain, Zinnirah, dan sekarang Bilal?

Jawab Abu Bakar RA:Ayah, aku tidak keberatan mengeluarkan semua uangku demi Allah. Ini adalah saudara-saudaraku dalam Islam, dan mereka tidak punya seseorang untuk melindungi mereka. Orang-orang kami menemukan mereka lemah dan tertindas, sementara saya terhindar masalah tersebut.

Bapaknya menambahkan; “Tapi Kau membebaskan orang kecil. Akan lebih baik untukmu bila membebaskan orang kuat untuk membela mu.”

Abu Bakar berkat: “Yang saya inginkan dari tindakan saya adalah untuk menyenangkan Rabb/Tuhanku..                  

Kecintaan pada Allah SWT dan kecintaan pada dunia tak pernah berkumpul dalam hati seorang hamba. sesiapa yang hatinya dipenuhi dengan kecintaan terhadap dunia, ia tak kan mencintai Allah SWT. Sehingga ia tak pantas mendapatkan cinta dari Allah SWT.

Kata Ibnu Qoyyim; “Kecintaan dan kepuasan hamba kepada dunia sebanding dengan keberatannya untuk taat pada Allah dan menuntut kebahagiaan akhirat.

Karenanya, zuhud terhadap dunia adalah bekal yang harus dimiliki oleh muslim yang berjuang untuk agamanya. Bekal yang kalau hilang, hilang pula semua bentuk bantuan, pengorbanan dan derma yang dituntut untuk memenangkan dan mengunggulkan agama ini. Apabila bekal itu hilang, macetlah semua usaha. Al quran telah mencela mukmin yang puas dengan kehidupan dunia


أَرَضِيتُمْ بِالْحَيَاةِ الدُّنْيَا مِنَ الآخِرَةِ فَمَا مَتَاعُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا فِي الآخِرَةِ إِلا قَلِيلٌ


,…. Apakah kalian puas dengan kehidupan di dunia sebagai ganti kehidupan di akhirat? Padahal kenikmatan hidup di dunia ini (dibandingkan dengan kehidupan) di akhirat hanyalah sedikit ( QS Attaubah 38)


Yang kita maksud sengan zuhud bukan mengharamkan harta, makanan dan pernikahan yang halal, bukan juga menundukkan kepala, berjalan di pinggiran tembok-tembok, atau menyengaja berpakaian kumal.

Zuhud terwujud dalam tiga hal

·       Zuhud terhadap yang haram, ini fardhu ‘ain.

·       Zuhud terhadap yang makruh/berlebihan dalam yang mubah. ini mustahab/ sunnah/ dianjurkan dan merupakan jenis zuhud yang penting bagi setiap pejuang yang ingin jaya di bumi. Karena ia tak memiliki kelebihan waktu untuk dipergunakan dalam hal-hal mubah yang berlebihan, karena jika ia terjerumus dalam hal-hal yang makruh, berarti ia nyaris terjerumus dalam hal yang haram, disamping ia tak lagi berpegang pada agama dengan kuat.

·       Zuhud terhadap dunia secara total. Dunia dalam genggaman, tapi hati tak sibuk dan berpaling padanya. Maka kalau ada dunia yang hilang setelah diperolehnya, ia tak bersedih dan putus asa. Dan kalau dunia datang kembali setelah lama hilang, ia tak bergembira dan lupa daratan karenanya.

Sedang zuhud terhadap milik manusia berarti tak ada dalam hatinya keinginan dan perhatian terhadap sesuatu yang dicintai manusia, yaitu dunia. Jika kita meninggalkan sesuatu yang dicintai manusia, maka mereka akan mencintai kita. Siapa yang bisa merealisasikan dalam dirinya zuhud dengan pengertian di atas, maka dia akan meraih cinta Allah SWT dan manusia. Sehingga kebersihan hati dan kebahagiaan akan kita raih.

Wallahu a’lam



ZUHUD MERAIH CINTA ALLAH SWT ZUHUD MERAIH CINTA ALLAH SWT Reviewed by sangpencerah on Agustus 18, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar: