Hadits ke-5 dari 78, BAB 7. YAKIN dan TAWAKKAL, KITAB : NUZHATUL MUTTAQIEN SYARH RIYADUS SHALIHIN
أنَّ جَابِرَ بنَ عبدِ
اللَّهِ رَضِيَ اللَّهُ عنْه: أنَّهُ غَزَا مع رَسولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عليه
وسلَّمَ قِبَلَ نَجْدٍ، فَلَمَّا قَفَلَ رَسولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عليه وسلَّمَ
قَفَلَ معهُم، فأدْرَكَتْهُمُ القَائِلَةُ في وادٍ كَثِيرِ العِضَاهِ، فَنَزَلَ
رَسولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عليه وسلَّمَ وتَفَرَّقَ النَّاسُ يَسْتَظِلُّونَ
بالشَّجَرِ، ونَزَلَ رَسولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عليه وسلَّمَ تَحْتَ سَمُرَةٍ ,فَعَلَّقَ
بهَا سَيْفَهُ، ونِمْنَا نَوْمَةً، فَإِذَا رَسولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عليه
وسلَّمَ يَدْعُونَا، وإذَا عِنْدَهُ أَعْرَابِيٌّ، فَقالَ: إنَّ هذا اخْتَرَطَ
عَلَيَّ سَيْفِي، وأَنَا نَائِمٌ، فَاسْتَيْقَظْتُ وهو في يَدِهِ صَلْتًا، فَقالَ:
مَن يَمْنَعُكَ مِنِّي؟ فَقُلتُ: اللَّهُ، - ثَلَاثًا - ولَمْ يُعَاقِبْهُ وجَلَسَ.
متفق عليه.
وفي رواية: (( قال
جابر: كُنَّا مع رسول الله صلَّى اللهُ
عليه وسلَّمَ بذَاتِ الرِّقَاعِ، فَإِذَا أتَيْنَا علَى شَجَرَةٍ ظَلِيلَةٍ
تَرَكْنَاهَا لرسول الله صلَّى اللهُ عليه وسلَّمَ، فَجَاءَ رَجُلٌ مِنَ
المُشْرِكِينَ وسَيْفُ رسول الله صلَّى اللهُ عليه وسلَّمَ مُعَلَّقٌ
بالشَّجَرَةِ، فَاخْتَرَطَهُ، فَقالَ: تَخَافُنِي؟ قالَ: لَا، قالَ: فمَن
يَمْنَعُكَ مِنِّي؟ قالَ: اللَّهُ.
وفي رواية أبي بكرٍ
الإِسماعيلي في صحيحِهِ: فقَالَ منْ يمْنعُكَ مِنِّي؟ قَالَ: اللَّهُ, فسقَطَ
السَّيْفُ مِنْ يدِهِ، فَأخَذَ رسَول اللَّه صلَّى اللهُ عليه وسلَّمَ السَّيْفَ
فَقال: منْ يمنعُكَ مِنِّي؟ فَقال: كُن
خَيْرَ آخِذٍ، فَقَالَ: تَشهدُ أنْ لا إلَه إلاَّ اللَّهُ، وأنِّي رسولُ
اللَّه؟ قَالَ: لاَ، ولكِنِّي أعاهِدُك
أنْ لا أقَاتِلَكَ، وَلاَ أكُونَ مَعَ قَومٍ يُقَاتِلُونَكَ، فَخلَّى سبِيلهُ،
فَأتى أصحابَه فقَالَ: جِئتكُمْ مِنْ عِندِ خيرِ النَّاسِ.)). قوله (( قفل)) اي
رجع. و (( العضاه)) الشجر الذي له شوك. و (( السمرة)) بفتح السين وضم الميم:
الشجرة من الطلح, وهي العظام من شجر العضاه, ((واخترط السيف)) اي سلة وهو في يده.
(( صلتا)) اي مسلولا, وهو بفتح الصاد وضمها...
78. Dari Jabir bin 'Abdullah radhiallahu'anh mengabarkan, bahwa
dia berangkat berperang bersama Rasulullah SAW melewati Najed. Ketika
Rasulullah SAW kembali dan (Jabir) pun ikut kembali, mereka beristirahat di lembah
yang banyak pohon durinya. Maka Rasulullah SAW turun dan orang-orangpun
berpencar mencari tempat berteduh di bawah pohon. Dan Rasulullah SAW singgah
berteduh di bawah suatu pohon lalu menggantungkan pedang Beliau pada pohon
tersebut kemudian beliau tidur sejenak. Ketika Rasulullah SAW memangil kami, di
hadapan beliau ada seorang Badui. Beliau berkata, "Orang ini telah
mengambil pedangku disaat aku tidur lalu aku bangun sedang tangannya sudah
memegang pedang terhunus lalu dia berkata, "Siapa yang dapat melindungimu
dariku?" Aku (Rasulullah SAW) jawab, "Allah" sebanyak tiga kali.
Maka orang itu tidak dapat berbuat apa-apa kepada beliau lalu dia terduduk
lemas. HR. Muttafaqun alaih.
Didalam riwayat lain, Jabir menceritakan, bahwa ia bersama
Rasulullah SAW di Dzati Riqa’ ketiak sampai di pepohonan yang rindang, kami
berpencar dengan Rasulullah SAW, lalu datanglah seorang dari Musyrikin dan
pedang Rasulullah SAW digantungkan di pohon, lalu orang itu merampasnya, Beliau
berkata: kamu menakutiku?, tidak bisa, lalu (orang musyrik itu) berkata: Siapa
yang bisa membelamu dariku?, Maka beliau SAW menjawab: Allah.
Didalam riwayat Abu Bakar Al Ismaili dalam shahihnya,
menceritakan: maka berkatalah (orang musyrik): siapa yang bisa membelamu
dariku? Beliau SAW menjawab; Allah, maka lepaslah pedang ditangannya. Lalu
Rasulullah SAW mengambil pedang tersebut dan bertanya ganti: Siapa yang bisa
membelamu dariku? Lalu ia menjawab; Jadilah orang yang berbuat baik, lalu
Beliau SAW berkata: Bersaksilah bahwa tiada tuhan selain Allah, dan aku (Muhammad
SAW) adalah utusan Allah? Lalu ia menjawab, Tidak, akan tetapi aku berjanji
padamu tidak membunuhmu, juga kaumku tidak akan membunuhmu, lalu beliau SAW
membiarkannya pergi, sehingga para sahabat datang, lalu Nabi SAW bersabda: aku
telah datang kepada kalian dari sisi sebaik-baik manusia.
Katanya: (( Qafala)) yaitu kembali. ((Al ‘idhaah) pohon yang
ada durinya. ((samurah)) dengan huruf sin berfathan dan huruf mim berdomah, pohon
sejenis akasia, batangnya pohon yang berduri. ((wakhtarathus saifi)) yaitu merampas
pedang ditangannya. (( Shaltan)) terhunus.
Lughahul Hadits:
- Najdin: secara Bahasa sesuai yang muncul dari permukaan tanah,
dan maksudnya bukan di daerah Hijaz.
- Al Qailatu: waktu qailulah, yaitu tidur di waktu siang.
- A’rabiyun: yaitu Ghaurats bin Haris dari Bani Muharib yang
keluar untuk membunuh Nabi SAW dalam perang Dzatu Riqa’, dan memeluk islam
setelah peristiwa ini dan bersahabat dengan Nabi SAW, dinamakan dengan Dzatu
Riqa’, karena mereka sangat kesakitan kakinya dari terik panasnya dan
kehilangan sandal mereka. Dan dikatakan : Dzatu Riqa’ (yaitu) nama gunung yang
dekat dengan Madinah yang (tampat) titik merah, hitam dan putih seperti
tambalan, dinamakan hal itu, karena terjadi peperangan disana sehingga
dinamakan dengan Dzatu Riqa’. Selain itu, saat itu terjadi pada tahun ke enam
hijriyah.
- Tsalatsan: Pertanyaannya diulang hingga 3 kali, dan
Rasulullah SAW megulang jawabannya juga sebanyak itu.
- Dhalilatun: banyak naungan
- Kun khaira akhadin : maafkan dan berjabat tangan, dan
membalas kejahatan dengan kebaikan.
- Fakhalla sabilahu: tenang lah dia dan dilepaskannya
Faidah Hadits:
- Keberanian Nabi SAW dan tenangnya hati Beliau didepan pertaruhan
(nyawa), mantapnya percaya beliau kepada Allah Ta’ala dan benar tawakkalnya
serta bagusnya (keyakinan) berlindunga kepada-Nya.
- Teladan keikhlasan tawakal (Nabi SAW) kepada Allah Ta’ala
dari kesusahan.
- Pemberian maaf Nabi SAW dan mulianya akhlaq beliau, dan
tidak adanya rasa dendam setelah melihat peristiwa tersebut, dan perlakuan
yang baik terhadap jiwa demi membawa mereka kepada kebenaran
Tidak ada komentar: