Hadits ke-16 dari 132, BAB 13. PENJELASAN BANYAKNYA JALAN KEBAIKAN, KITAB : NUZHATUL MUTTAQIEN SYARH RIYADUS SHALIHIN

Hadits ke-16 dari 132, BAB 13. PENJELASAN BANYAKNYA JALAN KEBAIKAN, KITAB : NUZHATUL MUTTAQIEN SYARH RIYADUS SHALIHIN



عَنْ أَبِي مُوسَى الاشعري رضي الله عَنْه قال؛ قال رَسُول اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ؛ قَالَ مَنْ صَلَّى الْبَرْدَيْنِ دَخَلَ الْجَنَّةَ . متفق عليه.

الْبَردان: الصبح والعصر


132. Dari Abu Musa Al As'ary Ra berkata: Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa mengerjakan shalat pada dua waktu dingin (Subuh dan Ashar), maka dia akan masuk surga." HR. Muttafaqun Alaih.

Bardani: Shalat Subuh dan Shalat Ashar.


HR. Bukhari fii mawaqitis shalati (Bab Fadli Shalatil Fajri) wa Muslim fiil masaajidi ( Bab Fadli shaalatis shubhi wal 'asri wal muhafadzati 'alaihima)


Lughatul Hadits:

Shalla bardaini: Yaitu shalat Subuh dan Ashar, dan dinamakan seperti itu karena keduannya melaksanakan shalat di waktu suasana dingin, keduanya adalah ujung saat udara menyenangkan dan hilangnya terik panas.


Faidah Hadits:

Keutamaan menjaga shalat subuh karena waktu tersebut adalah waktu enaknya tidur, sedangkan shalat ashar karena waktu tersebut adalah saat kesibukannya menyelesaikan pekerjaan di waktu siang hari. Sedangkan menjaga selain keduanya (Subuh dan Ashar) juga utama. dan juga telah dijelaskan shalat wustha dengan shalat ashar.



Hadits ke-16 dari 132, BAB 13. PENJELASAN BANYAKNYA JALAN KEBAIKAN, KITAB : NUZHATUL MUTTAQIEN SYARH RIYADUS SHALIHIN Hadits ke-16 dari 132, BAB 13. PENJELASAN BANYAKNYA JALAN KEBAIKAN, KITAB : NUZHATUL MUTTAQIEN SYARH RIYADUS SHALIHIN Reviewed by sangpencerah on Juni 02, 2024 Rating: 5

Tidak ada komentar: