Hadits ke-19 dari 135, BAB 13. PENJELASAN BANYAKNYA JALAN KEBAIKAN, KITAB : NUZHATUL MUTTAQIEN SYARH RIYADUS SHALIHIN

Hadits ke-19 dari 135, BAB 13. PENJELASAN BANYAKNYA JALAN KEBAIKAN, KITAB : NUZHATUL MUTTAQIEN SYARH RIYADUS SHALIHIN



عَنْ جابرٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ؛ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ؛ مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَغْرِسُ غَرْسًا إِلَّا كَانَ مَا أُكِلَ مِنْهُ لَهُ صَدَقَةً، وَمَا سُرِقَ مِنْهُ لَهُ صَدَقَةٌ، وَلَا يَرْزَؤُهُ أَحَدٌ إِلَّا كَانَ لَهُ صَدَقَةٌ. رواه مسلم.

 وفي رواية له ؛ فَلاَ يَغْرِسُ الْمُسْلِمُ غَرْسًا فَيَأْكُلَ مِنْهُ إِنْسَانٌ وَلاَ دَابَّةٌ وَلاَ طَيْرٌ إِلاَّ كَانَ لَهُ صَدَقَةً إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ 

وفي رواية له ؛ لاَيَغْرِسُ غَرْسًا، وَلَا يَزْرَعُ زَرْعاً، فَيَأْكُلَ مِنْهُ إِنْسَانٌ وَلاَ دَابَّةٌ وَلاَ شَيْئٌ إِلاَّ كَانَتْ لَهُ صَدَقَةً. وروياه جميعا من رواية أَنَسِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ. قوله : يَرْزَؤُهُ : اي ينقصه.


135. Dari Jabir ra. berkata, Rasulullah SAW bersabda: "Tidaklah dari seorang muslim yang menanam tanaman, melainkan sesuatu yang dimakan (dari tanaman itu) akan jadi pahala sedekah bagi (yang menanam)-nya, dan tidaklah yang dicurinya (dari tanama itu) pun (juga) akan bernilai sedekah. Dan tidaklah seorangpun yang menguranginya, kecuali itu akan menjadi sedekah bagi (yang menanam)-nya". HR Muslim. 

juga dalam riwayatnya: “Tidaklah seorang muslim menanam tanaman lalu dimakan oleh manusia, hewan atau burung melainkan hal itu merupakan shadaqah bagi (yang menanam)-nya sampai hari kiamat.” 

juga dalam riwayatnya yang lain: "Tidaklah seorang muslim menanam tanaman (pohon), menanan tumbuhan, kemudian dimakanlah dari (tanaman/tumbuhan)-nya oleh manusia, tidak juga binatang, atau tidak juga apapun, melainkan bagi (penanam)-nya bernilai pahala sedekah.". semuanya itu diriwayatkan dari Anas ra..

Kata : يَرْزَؤُهُ = menguranginya.


HR. Bukhari fiil hartsi wal mazra'ati (Bab Fadli Zar'i wal gharsi), wa Muslim fiil masaaqati (Bab fadli Gharsi waz zar'i)


Lugahtul Hadits:

- Yaghrisu: Menanam pohon, sedangkan Az-zar'u =selainnya dari tumbuhan.


Faidah Hadits:

-Anjuran untuk menanam dan (merawat) tumbuhan, dan penjelasan keutamannya, sesungguhnya hal itu merupakan perbuatan yang tidak memutus pahala kematian pelakunya..

-berusahalah dalam melakukan kemanfaatan untuk makhluk-makhluk Allah Ta'ala, mempermudah urusan mereka dan kebutuhan mereka.

-Seorang muslim dibalas pahala atas apa yang telah dicuri dari hartanya, atau sesuatu yang menjadikannya marah, atau yang menyebabkan rugi dari hartanya, apabila bersabar dan pasrah (ikhlas) kepada Allah Ta'ala.


Hadits ke-19 dari 135, BAB 13. PENJELASAN BANYAKNYA JALAN KEBAIKAN, KITAB : NUZHATUL MUTTAQIEN SYARH RIYADUS SHALIHIN Hadits ke-19 dari 135, BAB 13. PENJELASAN BANYAKNYA JALAN KEBAIKAN, KITAB : NUZHATUL MUTTAQIEN SYARH RIYADUS SHALIHIN Reviewed by sangpencerah on Juli 01, 2024 Rating: 5

Tidak ada komentar: