Tafsir QS Al-Qashash, ayat 77 Ibnu Katsir

Tafsir QS Al-Qashash, ayat 77 Ibnu Katsir



وَابْتَغِ فِيمَا آتَاكَ اللَّهُ الدَّارَ الآخِرَةَ وَلا تَنْسَ نَصِيبَكَ مِنَ الدُّنْيَا وَأَحْسِنْ كَمَا أَحْسَنَ اللَّهُ إِلَيْكَ وَلا تَبْغِ الْفَسَادَ فِي الأرْضِ إِنَّ اللَّهَ لا يُحِبُّ الْمُفْسِدِينَ (77)

 

Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan.

Firman Allah SWT.:

 

وَابْتَغِ فِيمَا آتَاكَ اللَّهُ الدَّارَ الآخِرَةَ وَلا تَنْسَ نَصِيبَكَ مِنَ الدُّنْيَا

 

Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bagianmu dari (kenikmatan) duniawi. (Al-Qashash: 77)

Maksudnya, gunakanlah harta yang berlimpah dan nikmat yang bergelimang sebagai karunia Allah SWT kepadamu ini untuk bekal ketaatan kepada Tuhanmu dan mendekatkan diri kepada-Nya dengan mengerjakan berbagai amal pendekatan diri kepada-Nya, yang dengannya kamu akan memperoleh pahala di dunia dan akhirat.

 

وَلا تَنْسَ نَصِيبَكَ مِنَ الدُّنْيَا

 

dan janganlah kamu melupakan bagianmu dari (kenikmatan) duniawi. (Al-Qashash: 77)

Yakni yang dihalalkan oleh Allah SWT berupa makanan, minuman, pakaian, rumah dan perkawinan. Karena sesungguhnya engkau mempunyai kewajiban terhadap Tuhanmu, dan engkau mempunyai kewajiban terhadap dirimu sendiri, dan engkau mempunyai kewajiban terhadap keluargamu, dan engkau mempunyai kewajiban terhadap orang-orang yang bertamu kepadamu, maka tunaikanlah kewajiban itu kepada haknya masing-masing.

 

وَأَحْسِنْ كَمَا أَحْسَنَ اللَّهُ إِلَيْكَ

 

dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu. (Al-Qashash: 77)

Artinya, berbuat baiklah kepada sesama makhluk Allah SWT sebagaimana Allah SWT telah berbuat baik kepadamu.

 

وَلا تَبْغِ الْفَسَادَ فِي الأرْضِ

 

dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. (Al-Qashash: 77)

Yaitu janganlah cita-cita yang sedang kamu jalani itu untuk membuat kerusakan di muka bumi dan berbuat jahat terhadap makhluk Allah SWT

.

إِنَّ اللَّهَ لا يُحِبُّ الْمُفْسِدِينَ

 

Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan. (Al-Qashash: 77)



Tafsir QS Al-Qashash, ayat 77 Ibnu Katsir Tafsir QS Al-Qashash, ayat 77 Ibnu Katsir Reviewed by sangpencerah on September 24, 2024 Rating: 5

Tidak ada komentar: